REKAM KTP ELEKTRONIK SUDAH 90 PERSEN

SENDAWAR-Sebanyak 112.121 orang wajib memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) dari 16 kecamatan se-Kubar. Realisasi penduduk yang sudah melakukan perekaman hingga akhir Juli 2018, sebanyak 103.947 orang atau sekitar 90 persen. Sedangkan sisa blanko yang belum perekaman seki-tar 923 orang. Sementara KTP-el yang sudah tercetak sampai saat ini sekitar 24.000 keping.

Hal ini dikatakan ICepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kubar Jahariah didam-pingi Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Ayanlia di kantornya, Se-lasa (31/7). Jahariah menyatakan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perekaman KTP-el. Data Disdukcapil Kubar sampai akhir Juli 2018, sekitar 103.947 orang yang sudah melakukan perekaman.

Dari jumlah itu, sekitar 24000 yang su-dahtercetakkepingKTP-el.”KendaLanya adalah konfirmasi baliknya, dari pusat turun ke daerah lambat Kadang-kadang saatkitamenanyakanberkasperekaman yang sudah dikirim, ternyata di pusat belum diterima. Terpaksa kami kirim balik data tersebut Akhirnya,menunggu konfirmasi dari pusat dulu baru bisa di-cetak,” tegas Jahariah.

Ayanlia menambahkan, pendistribu-sian e-KTP kepada masyarakat seka-rang sudah pada kecamatan masing-masing. Jadi, masyarakat yang sudah perekaman dan sudah tercetak e-KTP tidak perlujauh-jauh datang ke Disduk-capil Kubar untuk menanyakan e•KTP “Cukup ke di pemerintah kecamatan saja,” sebut Ayanlia.

Sedangkan yang belum terdistribu-si mat ini hanya dua kecamatan. Hal ini terkendala berkas perekaman yang belum turun dari pusat. “Apabila ber-kas tersebut sudah kembali ke daerah, dalam waktu dekat, semuanya pasti tercetak dan langsung diantar ke keca-matan dengan register serta dilampiri dengan berita acaranyajuga,” katanya. Pihaknya berharap, animo masyarakat atau partisipasi masyarakat untuk me-lakukan perekaman dengan secepat-nya agar proses penunggalan data dari pusat cepat terealisasi danjuga terkon-firmasi. (hms10/kri/k11)

logo-kubar

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Jl.Perkantoran II

Komplek Perkantoran, Pemerintahan Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur 75576

email : disdukcapil@kutaibaratkab.go.id

Powered By

Apakah saudara puas dengan pelayanan kami ?

View Results

Loading ... Loading …